Home » Opini » Cara Meningkatkan Penjualan Online

Cara Meningkatkan Penjualan Online

Hal-Hal Mendasar Tentang Cara Meningkatkan Penjualan Online

Tips-Penjualan-Online

Lazada

Cara meningkatkan penjualan online bagaimana ya? Mau tau aja atau mau tau banget :-) sederhananya penjualan adalah hasil perkalian dari banyaknya barang yang dijual (volume penjualan) dengan harga satuannya.  Jadi jika ingin meningkatkan penjualan, kita bisa melakukan salah satu cara berikut ini yakni, meningkatkan atau menambah volume penjualan, menaikkan harga atau menambah volume penjualan sekaligus menaikkan harga.

Apakah rumus ini berlaku juga sebagai cara meningkatkan penjualan online? Ya tentu saja, hanya saja kenyataan yang terjadi tidaklah sesederhana itu apalagi untuk cara kedua dan ketiga. Ketika harga barang naik, volume penjualan biasanya akan menurun jadi alih alih mau meningkatkan penjualan dengan menaikkan harga yang terjadi malah bisa sebaliknya. Jadi menaikkan harga jual bukanlah pilihan yang populer dan biasanya menjadi pilihan yang terakhir.

Jika strategi menaikkan harga jual adalah pilihan terakhir, so bagaimana cara meningkatkan penjualan online dengan meningkatkan volume penjualan? Sebelum hal ini kita bahas ada beberapa karakteristik penjualan toko online yang harus kita pahami. Dengan memahaminya pemilihan cara menambah volume penjualan sebagai cara meningkatkan penjualan online bisa lebih efektif.

Karakteristik Penjualan Toko Online

Sebelum memberi obat seorang dokter akan mendiagnosa terlebih dahulu penyakit pasiennya. Analogi ini juga berlaku dalam pemilihan strategi atau cara meningkatkan penjualan online. Sebelum kita berusaha menambah volume penjualan, kita harus tau karakteristik penjualan online. Berikut adalah beberapa karakteristik yang dimaksud:

  1. Media penjualan yang digunakan adalah media digital bisa berupa blog, situs, fanpage facebook dan yang lainnya yang hanya bisa diakses lewat perangkat tertentu seperti computer, smartphone, ipad dan tablet dan membutuhkan jaringan internet atau modem.
  2. Produk yang diperjualbelikan tidak bisa dilihat secara phisik meskipun bukan produk digital seperti tiket, ebook dan lain-lain. Produk hanya bisa dilihat dari gambar atau foto dan keterangan yang diberikan
  3. Pembayarannya dilakukan secara digital baik dengan transfer bank, cc atau debit dan umumnya konsumen melakukan pembayaran terlebih dulu baru barang dikirimkan – meskipun ada yang menawarkan system COD.

Dari beberapa karakteristik diatas bisa diambil kesimpulan bahwa hal-hal berikut ini akan berpengaruh  terhadap peningkatan volume penjualan dan pada akhirnya meningkatkan penjualan toko online:

  1. Optimalisasi media penjualan baik blog, situs atau fanpage facebook menjadi penting yang bisa dilakukan secara natural – lebih dikenal dengan SEO -, dengan teknik berbayar (iklan) dan atau “cuap-cuap” di social media.  Cara lain yang juga bisa ditempuh adalah dengan menumpang pada situs – situs penjualan online yang sudah terkenal dan punya traffic sendiri seperti lazada.com, rakuten.co.id, tokobagus.com, berniaga.com dll. Tujuannya apa? Agar traffic atau visitor yang menjadi target kita mudah menemukan toko online atau produk yang kita jual. Semakin banyak visitor tertarget yang berkunjung dan melihatnya maka semakin besar peluang penjualan terjadi.
  2. Menentukan barang yang akan dibuat atau dipilih untuk dijual – dropship – juga akan berpengaruh terhadap hasil penjualan online anda. Anda pilih mana, membuat produk yang bisa dijual atau menjual produk yang bisa dibuat? Juallah produk atau barang yang memang banyak dibutuhkan atau dicari lewat online dan kemudian tambahkan informasi yang lengkap, review serta testimoni dari pembeli lainnya tentang barang tersebut. Disamping itu pastikan ketersediaan stock toko online kita. Memang hal ini tidak mudah tapi paling tidak untuk produk yang fast moving item ketersediaan stocknya  harus diperhatikan. Bagaimana penjualan bisa meningkat apabila barang yang diminta oleh calon konsumen tidak ada?
  3. Dari karakteristik yang ketiga diatas bisa kita bilang bahwa label toko online yang dapat dipercaya adalah “harga mati”. Disamping itu tersedianya alat pembayaran yang lengkap dan aman juga akan membuat volume penjualan bisa bertambah. Fitur pembayaran seperti  Ipaymu buat mereka yang tidak memiliki kartu kredit mungkin bisa ditambahkan. Jangan lupa juga fitur CS Online. Hal ini penting karena meskipun jualan online tapi “sentuhan” pribadi dari seorang CS bisa membantu meningkatkan penjualan online.  Dengan bantuan seorang CS yang profesional, calon konsumen yang awalnya tidak percaya bisa menjadi percaya, dari yang tidak mau membeli bisa jadi membeli :-)

Terakhir hal yang tidak kalah penting adalah ACTION!. Bagaimana kita tau bahwa faktor-faktor diatas bisa menambah volume penjualan toko online jika tidak kita aplikasikan? Ingat orang yang mencari sesuatu lewat internet umumnya sudah siap untuk mengeluarkan duit dari kantongnya jadi kita tinggal memastikan bahwa ketika mereka melakukan itu, toko online kitalah yang mereka temukan, stock barang yang dijual tersedia, transaksi pembayaran lengkap dan mudah dan terakhir toko online kita tersebut harus bisa dipercaya?